Wednesday, November 23, 2011

PONDOKAN HAJI INDONESIA 2012 MUNGKIN SEMAKIN JAUH


Hidayatullah.com--Pondokan jamaah calon haji Indonesia tahun 2012 ada kemungkinan lebih jauh dari Masjidil Haram, menyusul akan dibangunnya jalan lingkar luar oleh pemerintah setempat, sehingga banyak bangunan dibongkar.

"Sebanyak 1.750 rumah akan segera dibongkar usai musim haji tahun ini," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekkah Arsyad Hidayat di Mekkah, Selasa (22/11/2011).

Dalam musim haji tahun ini jarak pondokan jamaah Indonesia menuju Masjidil Haram terjauh adalah 2,5 kilometer.

Menurut dia, pembongkaran pondokan itu memang akan membuat ketersediaan pondokan di dekat Masjidil Haram menjadi berkurang, sehingga perumahan jamaah haji akan menjauh.

"Yang dibongkar, misalnya, pondokan di sekitar Maulid Nabi, Terminal Al Gaza, dan Misfalah. Ini sebagai bagian dari tahapan perluasan Masjdil Haram," paparnya.

Menyadari hal itu, lanjut Arsyad, dalam waktu tidak terlalu lama memang harus sudah dilakukan lobi kepada DPR untuk segera mengesahkan anggaran perumahan haji di awal tahun.

Hal ini semakin terasa mendesak karena target pemerintah sudah menyatakan agar perumahan jamaah haji terus semakin dekat ke Masjidil Haram.

"Kita jangan sampai kalah cepat dengan negara lain dalam memenuhi soal pemondokan. Jadi bila sudah ada dana untuk membayar sewa pemondokan, lebih bagus dibayarkan saja. Apalagi selama ini bagi pemilik rumah, jamaah haji Indonesia dikenal sebagai jamaah haji yang tertib, misalnya, tidak berulah atau merusak kamar pondokan," ucapnya, dimuat Antara.

Dikatakan Arsyad, sebenarya pemilik pemondokan di sekitar Masjidil Haram terdiri dari orang yang tidak terlalu banyak. Jadi bila ada satu rumah pemondokan yang digusur, maka di tempat lain mereka masih punya.

"Pemilik pondokan orangnya itu-itu saja. Jadi prinsipnya bila kesepakatan harga perumahan lebih dahulu didapatkan, maka kemungkinan untuk mendapat pemondokan yang dekat Masjidil Haram lebih besar," tuturnya.

Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding saat mengunjungi penyelenggaraan ibadah haji di Mekkah, beberapa waktu lalu, menyatakan setuju bila pembahasan soal dana perumahan haji bisa diputuskan di awal tahun oleh DPR. Untuk itu DPR pun kini sudah siap untuk membahasanya.

"Saya setuju soal anggaran perumahan dibahas dan diputus segera. Ini untuk memudahkan negosiasi perumahan jamaah haji bagi jamaah haji 2012 nanti," katanya.

Karding menyatakan, memang idealnya jamaah haji harus semakin dekat ke Masjidil Haram dengan tujuan agar mereka lebih leluasa melakukan ibadah di tempat itu.

"Kalau sekarang jaraknya masih ada yang sampai 2,5 kilometer, nanti hendaknya bisa lebih didekatkan," ujar Karding.

Masjdil Haram hingga tahun 2020 memang akan terus berubah. Berbagai proyek pembangunan terus dilakukan, misalnya, menambah kapasitas masjid, memperluas pelataran, membuat berbagai gedung baru pemondokan, hingga menyiapkan sarana infrastruktur penunjang bagi ibadah haji.*

Keterangan foto: Pemondokan haji Indonesia di kawasan Jakfariyah, Makkah, Arab Saudi/foto: Antara.

Sumber: http://hidayatullah.com/read/19882/22/11/2011/pada-2012-pondokan-haji-kemungkinan-lebih-jauh.html

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar