Thursday, November 24, 2011

MAKAN TERLALU CEPAT GANGGU KESEHATAN

Makan terlalu cepat tak hanya bisa membuat Anda cepat pula gemuk, tapi juga membahayakan pencernaan. Itulah temuan terbaru sebuah studi Selandia Baru yang diterbitkan pekan lalu.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of American Dietetic Association, para peneliti menemukan bahwa perempuan berusia 40-50 tahun yang makan terlalu cepat lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang makan lambat.
Sementara itu, Osaka University juga telah memantau kebiasaan makan dari 3.000 orang. Hasilnya, laki-laki yang cepat makan 84 persen lebih mungkin kelebihan berat badan. Sedangkan perempuan dua kali lipatnya.

Menurut Profesor fisiologi metabolik di Universitas Nottingham, Ian McDonald, makan terlalu cepat akan mengesampingkan mekanisme yang memberi tahu otak bahwa kita kenyang. 

"Syaraf mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut melebar. Pada saat yang sama, hormon ghrelin yang diproduksi ketika perut Anda kosong untuk memicu pesan kelaparan mulai menurun. Ini memakan waktu sekitar 20 menit setelah Anda mulai makan untuk memberi pesan agar berhenti makan dalam mencapai otak. Sederhananya, makan terlalu cepat cenderung membuat perut berlimpahan makanan karena makan berlebihan," terangnya.

Ian menambahkan, orang yang terbiasa makan cepat saat anak-anak akan membawa kebiasaan itu sampai dewasa. Tidak hanya itu, peneliti di Universitas Kedokteran Carolina Selatan menegaskan makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan risiko asam refluks. 

Studi mereka menunjukkan bahwa memakan makanan 690 kalori dalam lima menit berisiko lebih memicu asam refluks hingga 50 persen jika dibandingkan dengan 30 menit. Itu karena saluran pencernaan kelebihan beban disebabkan gumpalan makanan yang lebih besar sehingga memicu kelebihan asam lambung.

Selama beberapa bulan, penderita dapat mengembangkan penyakit refluks gastroesophagul. Penyakit itu terkait dengan masalah yang lebih serius termasuk penyempitan kerongkongan dan pendarahan.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan untuk mengunyah makanan dengan benar. 

"Anda harus menghabiskan setidaknya 20 menit selama makan," kata Dr Forecast. 

Ia juga menyarakan agar kita berdiri untuk mengukur seberapa kenyang tubuh kita. "Jika Anda merasa nyaman dan perut tak terasa penuh saat berdiri, Anda sudah cukup makan," pungkasnya. (MI/*)


No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar