Monday, November 21, 2011

AS PUTUS ARUS INFO KE LOYA JIRGA: PENJAJAHAN AS DI AFGHAN BERAKHIR?

Seorang pejabat senior Afghanistan mengatakan bahwa Washington menginginkan pemutusan arus info kepada media dalam kesepakatan  yang strategis jangka panjang dengan Kabul.

Berbicara pada konferensi pers di ibukota Kabul pada Kamis, juru bicara Loya Jirga, Shafiyyah Sediqi, mengatakan keluhan umum di antara peserta pertemuan tradisional pada hari kedua acara ini adalah bahwa mereka tidak disediakan informasi tentang syarat dan kondisi Amerika Serikat dalam perjanjian dengan Afghanistan, demikian lansiran BBC berbahasa persi.

Para loya jirga, yang dipanggil oleh Presiden Hamid Karzai, memulai pertemuan di ibukota Afghanistan Kabul, hari Rabu. Pertemuan empat hari membahas hubungan Afghanistan dengan Amerika Serikat, dan terutama berpusat rencana jangka panjang basis militer AS di Afghanistan setelah pasukan koalisi asing menarik diri pada tahun 2014.

Tokoh agama dan politik Afghanistan telah menyuarakan penentangan yang kuat dengan rencana AS untuk mendirikan pangkalan militer jangka panjang atau permanen di negara itu.

Amerika Serikat telah gagal mencapai tujuannya setelah 10 tahun perang di Afghanistan. Banyak bagian dari negara Asia masih tetap kacau  meskipun terdapat kehadiran hampir 150.000 pimpinan pasukan asing di sana.

Para ahli percaya bahwa strategi baru Washington membangun pangkalan militer permanen hanya akan berfungsi untuk meningkatkan sentimen anti-AS di Afghanistan dan negara-negara tetangga.

Rakyat Afghanistan menentang rencana tersebut, menolak sebagai bentuk taktik neo-kolonial baru.

[muslimdaily.net/presstv]


Sumber: http://muslimdaily.net/berita/internasional/as-ingin-tutup-akses-media-di-loya-jirga.html

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar