Sunday, December 25, 2011

AFGHANISTAN UPDATE: AS BANTAI SIPIL MUSLIM, INGGRIS TARIK 500 TENTARA

Pasukan asing pimpinan AS telah menewaskan puluhan warga sipil di Afghanistan tanpa alasan yang jelas, sebuah tim pencari fakta (tpf) yang ditunjuk oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengungkapkan.
Tahir Safi, seorang penasehat Karzai, mengatakan kepada wartawan hari Sabtu kemarin (24/12) bahwa seorang anak, yang sedang memanjat pohon pada tanggal 13 Desember lalu, adalah di antara 21 warga sipil yang tewas oleh pasukan pimpinan AS.

"Delegasi kami menemukan bahwa seorang anak yang sedang naik pohon untuk mengumpulkan daun untuk makanan dombanya, tewas dalam pemboman oleh helikopter NATO tanpa koordinasi dengan administrasi Kandahar," kata Safi.
"Ayah anak bergegas ke lokasi pengeboman dengan anggota keluarga lainnya pada saat satu helikopter dari pasukan internasional menjatuhkan bom lainnya," tambahnya.
Penasehat itu mengatakan ayah anak itu, Abdul Rahim, bersama dengan empat kerabat, semuanya tewas seketika, sementara putrinya terluka. Tiga anak-anak lain dari desa yang sama juga tewas.
Tiga warga sipil, yang membawa pompa air dengan sepeda motor, juga tewas dalam serangan pimpinan-AS di Kandahar pada hari yang sama.
Dalam insiden lain di utara Provinsi Kapisa, roket ditembakkan oleh tentara Perancis pada tanggal 2 Desember lalu menewaskan tujuh warga sipil.
Pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan mengklaim serangan tersebut menargetkan militan Taliban, tetapi sebagian besar pemboman menewaskan warga sipil Afghanistan.(fq/prtv)

PM Inggris David Cameron menyatakan negaranya tidak akan memperpanjang keterlibatan di Afghanistan setelah tenggat tahun 2014.

PM Inggris David Cameron berjanji bahwa negaranya tidak akan memperpanjang keterlibatan di Afghanistan setelah tenggat tahun 2014. Cameron mengatakan hal itu hari Selasa ketika mendadak mengunjungi tentara Inggris di Afghanistan selatan.

Cameron berbicara di Kandahar setelah membatalkan rencana untuk mengunjungi provinsi Helmand karena badai pasir membuat landas pacu tertutup.

Inggris akan menarik 500 tentara dari Afghanistan tahun 2012, tetapi sebegitu jauh PM Cameron belum mengumumkan berapa tentara yang akan ditarik tahun berikutnya.Namun ia mengatakan kepada wartawan ia tidak ingin mengurangi tajam tentara Inggris dari tahun 2013 ke tahun 2014.

Dalam kunjungannya Cameron juga menelpon presiden Hamid Karzai dan keduanya sepakat bertemu muka di London awal tahun depan.

[muslimdaily.net/voa]

Sumber: http://www.eramuslim.com/berita/dunia/tpf-warga-sipil-afghanistan-dibunuh-tanpa-alasan-oleh-pasukan-nato.htm
http://muslimdaily.net/berita/internasional/inggris-akan-tarik-500-tentara-dari-afghanistan.html

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar