Sunday, December 25, 2011

PEMILU MESIR TAHAP KEDUA: PARTAI ISLAM MENANG MUTLAK

Hidayatullah.com--Komisi Tinggi Pemilihan Umum Mesir hari Sabtu (24/12/2011) menggelar konferensi pers untuk mengumumkan hasil perebutan kursi parlemen perseorangan dalam putaran kedua pemilu Mesir, yang digelar 21 dan 22 Desember lalu.

Al Mishry Al Yaum melaporkan, Ketua Komisi Abdul Muiz Ibrahim, mengumumkan hasil dari sembilan gubernuran yang menyelenggarakan pemilu tahap kedua.


Analis politik Amr Al Shubaki memenangi kursi dari kalangan profesional di daerah pemilihan ketiga di Giza.

Muhammad Abdul Munim Al Sawy, seorang independen yang pernah sejenak merasakan kursi menteri kebudayaan setelah Husni Mubarak dilengserkan, memenangi kursi parlemen di daerah pemilihan keempat di Giza.

Di antara mereka yang kalah adalah bekas menteri sosial di era Husni Mubarak, Al Al Sayed Al Moselhi, yang tidak berhasil merebut kursi profesional di daerah pemilihan ketiga di Sharqiya.

Dalam putaran kedua pemilu parlemen Mesir untuk memilih anggota majelis rendah kali ini, partai-partai Islam kembali merengkuh kemenangan mutlak.

Partai Kebebasan dan Keadilan bentukan Al Ikhwan memimpin dengan perolehan suara sebanyak 4.058.498. Diikuti di tempat kedua oleh Partai An Nur bentukan Salafy dengan jumlah suara 3.216.430.

Sementara di kalangan partai sekuler, yang berhasil mendulang suara lebih dari satu juta hanya Partai Wafd dengan jumlah 1.077.244. Blok Mesir hanya mendapat tujuh ratus ribuan suara dan Partai Wasat tiga ratus ribuan suara. Partai lainnya mendapat kurang dari tiga ratus ribu suara.

Jumlah pemilik suara dalam pemilu putaran kedua tercatat 17.978.399 orang. Jumlah warga yang mendatangi TPS untuk memberikan suaranya 11.883.000 dan jumlah kertas suara yang dianggap sah mencapai 11.173.818. Dengan demikian, partisipasi aktif warga Mesir dalam putaran kedua mencapai 65,98 persen.*


Sumber:  http://hidayatullah.com/read/20370/25/12/2011/putaran-kedua-kelompok-liberal-resmi-kalah.html

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar