Sunday, October 16, 2011

IPB MULAI KEMBANGKAN "HERBAL FOREST"?

Bogor (ANTARA News) - Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Herry Suhardiyanto meminta Fakultas Kehutanan di perguruan tinggi itu mengembangkan keilmuan yang mempelajari tentang "herbal forest".

Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, M.Si dalam penjelasan melalui surat elektronik di Bogor, Minggu menjelaskan, harapan tersebut disampaikan rektor saat melantik sejumlah pejabat baru di lingkup IPB, pekan ini.



Harapan rektor kepada Fakultas Kehutanan (Fahutan) untuk mengembangka keilmuan "herbal forest" (tumbuhan hutan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan-red), katanya, mengingat keanekaragaman hayati dan sumberdaya hutan yang besar yang ada di Indonesia.

Rektor juga meminta kepada Fakultas Pertanian dapat terus mengembangkan keilmuan dengan fokus pada pertanian organik (organic farming).

Kepada dua wakil dekan yang dilantik, yakni Wakil Dekan Fahutan Dr Ir Naresworo Nugroho, MSi dan Wakil Dekan Fakultas Pertanian Prof Dr Ir Dadang, MSc, katanya, rektor secara khusus meminta kepada kedua pejabat tersebut untuk senantiasa membantu dekan Fakultas Kehutanan dan Fakultas Pertanian dalam mengembangkan fakultas menjadi lembaga pendidikan tinggi pertanian berbasis riset bertaraf internasional.

Selain itu, rektor juga departemen juga harus mampu menjadi ujung tombak dalam upaya peningkatan publikasi internasional baik dari segi jumlah maupun mutu.

Karena itu, kepada dua Kepala Pusat Kajian yang baru dibentuk diharapkan untuk selalu berupaya menjadi pusat keunggulan atau "center of excellence".

Henny Windarti menambahkan, sejumlah pejabat baru IPB yang telah dilantik itu adalah Prof Dadang, MSc sebagai Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Dr Naresworo Nugroho, sebagai Wakil Dekan Fakultas Kehutanan, Prof Nurheni Wijayanto sebagai Ketua Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan, dan Ir Dwi Margi Suci sebagai Sekretaris Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan

Kemudian, Dr Ir Setia Hadi, MS sebagai Kepala Pusat Pengkajian Perencanaan Dan Pengembangan Wilayah (P4W) LPPM, Dr Ir Titik Sumarti, MS sebagai Kepala Pusat Kajian Gender dan Anak, Ir Iukman Muhammad Baga sebagai Kepala Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syari`ah (PSBES) LPPM, Ir Margaharta Iskandar, MSc sebagai Sekretaris Pusat KAjian Gender dan Anak.

Selanjutnya, Dr Ir Irfan Syauqi Beik, SP sebagai Sekretaris Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syari`ah LPPM, dan Ferry Dwandayana, A.Ma, sebagai Kepala Seksi Layanan Informasi Manajemen Keuangan. (ANT-053/A035)

http://www.antaranews.com/berita/280111/fahutan-ipb-diminta-kembangkan-herbal-forest

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar