Saturday, January 14, 2012

AWAL TAHUN 2012 BANTEN BANJIR

REPUBLIKA.CO.ID,LEBAK --  Enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari terakhir sehingga sejumlah sungai meluap. "Kami belum menerima data jumlah rumah yang tergenang banjir, termasuk korban jiwa maupun kerugian material. Kami masih melakukan pendataan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Muklis di Rangkasbitung, Sabtu pagi (14/1).

Saat ini banjir sudah merendam enam kecamatan, yakni Kecamatan Rangkasbitung, Cimarga, Kalanganyar, Banjarsari, Wanasalam, dan Cijaku.
Warga yang rumahnya terendam banjir diungsikan ke tempat yang lebih aman, karena hujan masih berlangsung.
Hingga saat ini, kata dia, curah hujan cukup tinggi dan dipastikan banjir akan meluas ke kecamatan-kecamatan lainya. "Saya yakin banjir hingga Sabtu sore akan meluas karena debit permukaan sungai utama meluap, seperti Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut, dan Ciliman," katanya.
Ia mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan banjir agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam akibat cuaca ekstrem yang akan melanda beberapa hari ke depan.
Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Serang, wilayah Kabupaten Lebak berpotensi banjir karena curah hujan cukup tinggi.
Selama ini wilayah Kabupaten Lebak merupakan daerah "langganan" banjir karena memiliki sebanyak 17 sungai utama dan 195 anak.
Apabila hujan deras selama enam jam saja, dipastikan air sungai meluap dan bisa menimbulkan banjir.
Daerah rawan banjir di Lebak tersebar di 15 kecamatan, karena lokasinya berada di daerah aliran sungai. Muklis menyebutkan, saat ini jumlah rumah yang terendam banjir baru tercatat tiga kecamatan sebanyak 728 rumah, yakni Kecamatan Banjarsari sebanyak 540 kepala keluarga (KK), Cijaku 40 KK dan Wanasalam 200 KK.
Selama ini, kata dia, para korban banjir ditampung di rumah penduduk yang tidak terkena banjir maupun masjid.

Sumber:
http://masterbenz.wordpress.com/2010/08/03/hello-world/
http://www.republika.co.id/berita/regional/nusantara/12/01/14/lxrkmc-enam-kecamatan-lebak-banjir

No comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar